Bibit We Es - Berita Terbaru, Kabar Terkini, Hot News, Belajar Blog, Bisnis Online, Personal Web dan Make Money Online

GRATIS Gems COC Terbaru

Cara Praktis Membuat Readmore di Blogspot

Apa itu "read more"? Tombol "readmore" atau "baca selengkapnya" biasanya dibuat untuk mempersingkat postingan yang tampil di halaman depan sebuah web/blog. Dengan metode ini dimungkinkan akan memperkecil penggunaan space di halaman. Sebagai blogger kita biasanya memasang tombol ini di blog. Bahkan pengguna Blogger.com yang dulu belum support readmore-pun mencari trik untuk meng-hack template mereka agar bisa memasang tombol redmore.
Tapi itu dulu, beda dengan sekarang karena blogspot telah memberikan kenyamanan untuk penggunanya dengan memfasilitaskan sebuah pilihan readmore di blogspot tanpa edit template (edit HTML) sama sekali.



Mungkin di antara anda sudah mengetahui caranya, tapi tidak ada salahnya saya membagi cara praktis membuat readmore di blogger ini. Berikut langkah-langkahnya:

Lakukan menulis posting seperti biasa saja. Saat sudah ingin memotong postingan, lihat bagian atas pada pilihan Compose/Tulis.


Disitu akan ada tombol Insert jump break. Tekan saja tombol tersebut, maka postingan anda sudah terpotong. Namun jika di editor posting anda tidak terdapat tombol 'Insert jump brek', silakan tuju ke tab "Pengaturan" dan atur Select post editor ke opsi Updated editor seperti gambar berikut.

Tapi sepertinya dengan cara ini anda merasa masih repot, tidak praktis. Ada yang sangat praktis dan simpel, yaitu hanya cukup dengan menyisipkan kode <!--more--> sebelum tulisan yang ingin disembunyikan di balik tombol readmore.

Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot setting sana-sini, edit sana-sini karena postingan anda otomatis akan terpotong oleh "read more".

Bit, tapi kok gak ada tulisan readmore atau baca selengkapnya di blog saya ya?

Mungkin diantara anda akan bertanya seperti itu. Mudah saja, silakan tuju ke "Rancangan" lalu edit bagian "Posting Blog" dan perhatikan gambar berikut untuk pengaturannya.


Nah, silakan isi atau ganti tulisan seperti gambar di atas sesuai keinginan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang belum mengetahui cara praktis membuat readmore di blogspot.

Akhirnya postingan ini selesai juga demi memenuhi janji saya sendiri di postingan sebalumnya yang bertajuk uji coba readmore resmi blogger.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Cara Praktis Membuat Readmore di Blogspot sudah dibaca? Ini artikel lainnya: